Ragam Visitasi Juri ADWI 2023 Di Desa Wisata Kreatif Terong Belitung

978x 04-07-2023 12:35:51 Berita
Ragam Visitasi Juri ADWI 2023 Di Desa Wisata Kreatif Terong Belitung

Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023) merupakan sebuah ajang yang sangat tepat untuk mengangkat potensi desa dan memotivasi para pengelola desa wisata untuk terus komitmen bergerak serta memajukan desa wisata yang telah di adakan oleh pihak Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif RI selama tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2021 sampai tahun 2023 ini. Pemberian anugerah atau apresiasi kepada para peserta ADWI 2023 ini menjadi salah satu Desa Wisata Terbaik Indonesia tentu merupakan sebuah penghargaan yang tak ternilai jika dikonversi dengan materi. Didalamnya ada sebuah kebanggaan dan cita-cita bersama yang berhasil diwujudkan oleh komunitas dan masyarakat desa.

Visitasi Juri ADWI 2023 ke kawasan pantai an HKm Bakau PNPA Terong

Sebaliknya pula ajang ADWI mulai tahun 2021 sampai tahun 2023 ini bukan juga hanya sekedar ajang perlombaan seperti mencari pemenang seorang pelari marathon. Ajang ADWI merupakan sebuah bentuk penghargaan sebagai salah satu Desa Wisata Terbaik Indonesia dari Kemenparekraf RI atas komitmennya suatu pengelola desa wisata menjalankan program tanpa pernah jenuh, tanpa pernah mundur apalagi bubar. Malah kemudian yang dinilai adalah progres proses dari waktu ke waktu yang senantiasa menuju ke arah yang makin baik.

Matahari pagi (sunrise) seakan malu-malu untuk keluar dari peraduannya

Yang dinilai dari ajang ADWI 2023 untuk menentukan Desa Wisata Terbaik Indonesia berdasarkan ketentuan yang sudah disampaikan Kemenparekraf RI pada website jadesta.com ada lima (5) kategori yaitu Kategori Daya Tarik Pengunjung, Kategori Homestay Dan Toilet Umum, Kategori Suvenir, Kategori Digital Dan Kreatif serta Kategori Kelembagaan Dan CHSE. Artinya adalah dari masing-masing kategori yang ditentukan ini diharapkan akan selalu ada semangat dan komitmen bagi pengelola Desa Wisata Terbaik Indonesia untuk senantiasa selalu berbenah dan menjaga kualitas desa wisata dalam segala hal.  Karena pemerintah lewat Kemenparekraf menginginkan agar desa  wisata yang sudah terbentuk dan berjalan saat ini  betul-betul menjadi bagian dari salah satu sektor pembuka lapangan kerja untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dari akibat sebuah bonus karena masyarakat sudah melestarikan budaya desa, menjaga alam desa dan yang terpenting karena sudah menjadi masyarakat yang Sadar Wisata (SAPTA PESONA).

Nah makanya kemudian saat visitasi Juri ADWI 2023 Kamis 1 Juni 2013 ke Desa Wisata Kreatif Terong Belitung, kelima kategori seperti tersebut di atas wajib ditampilkan secara ril di lapangan. Termasuk dokumentasi-dokumentasi yang sudah di upload ke web jadesta.com juga wajib diperlihatkan kepada Dewan Juri ADWI 2023. Capaian untuk menjadi Desa Wisata Terbaik Indonesia bagi pengurus Pokdarwis Anter Berkarya Desa Wisata Kreatif Terong merupakan sesuatu yang patut di apresiasi karena pada saat visitasi juri benar-benar menampilkan semua potensi yang ada termasuk berbagai jenis paket wisata yang selama ini memang sudah berjalan dengan baik. Dari mulai wisata hiking dan foto sunrise di Puncak Bukit Tebalu Simpor Laki yang sudah dimulai pada waktu Subuh. Dilanjutkan kemudian pada siang harinya pengurus melakukan presentari depan juri unuk menyampaikan point-point penting dari proses rintisan, berkembang sampai kepada tahap pemajuan desa wisata saat ini.

Para Juri melakukan aktifitas panen sayur di agrowisata Desa Wisata Kreatif Terong Belitung

Lalu visitasi ke homestay dengan segala macam tatakelola dan dokumentasinya. Juri berkesempatan diskusi dengan pemilik homestay langsung untuk menggali semua informasi yang diperlukan. Dari homestay kemudian berlanjut visitasi ke lokasi wisata pantai dan HKm Bakau PNPA Terong. Di lokasi ini Juri ADWI 2023 di ajak untuk melakukan aktifitas wisata edukasi menanam bibit pohon Perepat dan mencari Keremis di area pantai yang berpasir. Sempat juga para juri berdiskusi dengan pengeloa wisata pantai dan HKm Bakau PNPA untuk menggali informasi lebih dalam terkait berbagai atraksi dan kegiatan yang sering dilakukan wisatawan saat berkunjung.

Dari lokasi pantai kemudian para Juri ADWI 2023 bergerak menuju workshop UMKM dan kriya serta kerajinan anyaman, rajutan dan pembuatan kuliner kemasan yang berbahan lokal 100 %.  Visitasi Juri ADWI 2023 untuk Desa Wisata Terbaik Indonesia di Desa Wisata Kreatif Terong Belitung ini dengan setia di dampingi oleh Pengurus Pokdarwis Anter Berkarya dan Desa Wisata Kreatif Terong, Kepala UPTD Balai Pengembangan Pariwisata Wilayah Belitung, Kepala Dinas Pariwisata Belitung, Kabid Destinasi Pariwisata Belitung, pihak CSR BAKTI BCA Kantor Pusat dari Jakarta, Manager PLN Wilayah Belitung dan perwakilan PT.Pelindo Tanjungpandan.

Setelah berbicang cukup lama dengan pengelola workshop UMKM Desa Wisata Kreatif Terong Belitung kemudian rombongan Juri ADWI 2023 bergeser ke lokasi Agrowisata Kelompok Tani Tanam Tumbuh Sejahtera (TTS) Desa Wisata Kreatif Terong Belitung. Disini para Juri ADWI 2023 setelah sempat berdiskusi singkat dengan pengelola agrowisata langsung melakukan aktifitas wisata edukasi petik sayur yang dipandu langsung oleh pemandu wisata Desa Wisata Kreatif Terong. Dengan kondisi sayur yang sangat subur dan segar membuat para juri mendapatkan pengalaman dan merasakan sensasi bagaimana merasakan aura Desa Wisata Terbaik Indonesia yang ada di Kabupaten Belitung.

Visitasi Juri ADWI 2023 ke homestay Desa Wisata Kreatif Terong Belitung

Dengan sangat antusias kemudian para juri membawa beberapa batang sawi keriting untuk dijadikan lalapan dan rombongan pendamping bersiap-siap untuk kembali ke meeting point Wisata Aik Rusa Berehun - Desa Wisata Kreatif Terong sebagai titik akhir kegiatan penjurian.  Di meeting point para juri akan melakukan aktifitas masak kuliner khas Desa Wisata Kreatif Terong yaitu kuliner cumi masak ketumbar. Dengan bahan dan bumbu-bumbu yang telah disiapkan sebelumnya para juri langsung melakukan demo masak bersama ibu-ibu pengelola dapur masak Desa Wisata Kreatif Terong. Tak menunggu waktu lama hasil masak para juri-pun menjadi tambahan hidangan untuk santap makan siang bersama di Pundok Keremis yang ada di lokasi Wisata Aik Rusa Berehun – Desa Wisata Kreatif Terong Belitung.

Juri ADWI 2023 bersama Ibu-ibu pengelola dapur masak Desa Wisata Kreatif Terong melakukan aktifitas masak kuliner tradisional Belitung yaitu masak cumi bumbu ketumbar.

Sebagai puncak dari kegiatan visitasi Juri ADWI 2023 ke Desa Wisata Terbaik Indonesia di Desa Wisata Kreatif Terong melakukan sharing session dengan para pengurus Pokdarwis, Pengurus Desa Wisata Kreatif Terong, Kepala Desa Terong, Sekretaris Desa Terong, Kepala UPTD Balai Pengembangan Pariwisata Wilayah Belitung, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Dan Kabid Destinasi Pariwisata Belitung.

Pada sharing session ini hal yang paling penting disampaikan oleh Juri ADWI 2023 adalah bagaimana pentingnya menyiapkan sumber daya manusia desa wisata yang berkualitas, berintegritas, berwawasan dan berkelanjutan serta pentingnya tatakelola kelembagaan desa wisata yang kuat, terintegrasi dan bisa saling berkolaborasi dengan pihak manapun demi kemajuan bersama. Sejatinya adalah bahwa Pokdarwis itu sebagai lembaga gerakan sosial untuk mendorong hadirnya implementasi Sapta Pesona ditengah masyarakat desa dan Lembaga Desa Wisata itu sebagai lembaga bisnis yang mendorong masyarakat desa mengoptimalkan potensi wisata yang bisa bekerjasama dengan lembaga-lembaga lain termasuk kerjasama dengan Bumdesa di suatu desa.

Dari Desa Membangun Pariwisata Indonesia.

Penulis : Pengelola Dewi Kreatif Terong Belitung

Posting Terkait