Pelatihan & Pendampingan Adopsi Digital Desa Wisata Oleh Kemenkominfo RI

1061x 20-07-2022 22:42:57 Berita
Pelatihan & Pendampingan Adopsi Digital Desa Wisata Oleh Kemenkominfo RI

Pada pembukaan kegiatan pelatihan Adopsi Digital Desa Wisata hari Selasa 19 Juli 2022 ini turut hadir tim dari Kemenkominfo PusatPlt Kepala Dinas Pariwisata Belitung yang di wakili oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Belitung Ibu Anita dan didampingi oleh Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Belitung Bapak Susanto,SE. Sementara dari pihak Desa Terong turut hadir Kepala Desa Terong yang di wakili oleh Sekretaris Desa Terong Bapak Rosnadi, Ketua BPD Terong Bapak Manto, Ketua PIC Desa Wisata Kreatif Terong Iswandi, Ketua Pokdarwis Anter Berkarya Agnesvalvo Hardian dan para pengelola desa wisata.

Pelatihan digitalisasi desa wisata untuk tahap pertama ini di ikuti oleh dua desa wisata yang ada di kabupaten Belitung yaitu dari Desa Wisata Keciput dan Desa Wisata Kreatif Terong. Pelatihan ini sendiri akan dilakukan selama kurang lebih satu bulan mulai tanggal 19 Juli 2022 sampai 12 Agustus 2022. Adapun materi yang akan diberikan mulai dari pengelolaan media sosial desa wisata (Facebook, Instagram, Tiktok dan Website), digital marketing, pelatihan fotography, pelatihan videography, pilot drone dan penulisan artikel blogger/vlogger.

Tarian Sekapur Sirih menjadi tarian tradisional Belitung yang ditampilkan saat pembukaan Pelatihan Adopsi Teknologi Digital Desa Wisata di lokasi Desa Wisata Kreatif Terong Belitung.

Dalam sambutan singkatnya Ketua Tim Tranformasi Digital Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata Kementerian Kemenkominfo Bapak Dikii Rukmana mengatakan bahwa pelatihan ini benar-benar ditujukan khusus untuk para pengeloa desa wisata agar dalam pengelolaannya baik dari sisi promosi dan pemasaran dapat secara maksimal memanfaatkan paltform digital. Dan pelatihan ini sendiri khusus baru dilaksanakan di empat (4) Destinasi Prioritas Pariwisata Nasional.

Begitu juga apa yang disampaikan oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Kebupaten Belitung Ibu Anita bahwa ini adalah satu terobosan dari dari pihak Kemenkominfo untuk ikut mendukung kemajuan desa wisata yang ada di Kabupaten Belitung. Dan Beliau juga berpesan kepada seluruh peserta pelatihan dari Desa Wisata Kreatif Terong dan Desa Wisata Keciput untuk  mengikuti kegiatan pelatihan dengan serius dan disiplin agar dapat menyerap ilmu dan wawasan yang disampaikan oleh para narasumber yang outputnya dapat di implementasikan di desa wisata masing-masing. Terlebih lagi kata Beliau (Ibu Anita) bahwa kedua desa wisata ini adalah bagian dari 17 Geosite Geoaprk pertama Pulau Belitung setelah saat jumlah Geosite Geopark Pulau Belitung bertambah menjadi 21 Geosite. Hal ini tentu memerlukan pengelolaan dan sumber daya manusia yang siap dan berkompeten dibidangnya masing-masing khususnya dalam pemanfaatan sistem digital demi mempromosikan desa wisata atau geosite yang ada di Pulau Belitung ini.

Sedangkan narasumber yang akan mengisi pelatihan ini mulai dari Ibu Vitria Aryani dari Yayasan Berbangsa, Mas Reza Permadi dari www.atourin.com, Mas Irwan Thamrin selaku pakar digital marketing desa wisataMas Muhamad Ilham selaku pengelola media sosial yang sukses. Dan para narasumber ini akan didampingi para fasilitator lokal yang kompeten di bidangnya masing-masing seperti Ketua ASPPI Pusa Agus PahleviBudi Setiawan selaku founder Yayasan Tarsius Center,  Sofhian selaku pelaku digital marketing dan juga fasilitator dari media lokal.

Narasumber dan Fasilitator Pelatihan Adopsi Teknologi Desa Wisata.

Turut meliput kegiatan pembukaan pelatihan adopsi digitalisasi desa wisata ini hadir dari tiga media cetak lokal dan satu media online. Ini membuktikan bahwa kerjasama pentahelik untuk memajukan Pariwisata Belitung bisa berjalan bersama dan selalu seiring sejalan.

Penulis : Iswandi (Pengelola Desa Wisata Kreatif Terong Belitung)

Posting Terkait