Kolaborasi Festival Gema Budaya Terong Dan Program Senandung Dewi 2024

281x 08-07-2024 16:27:33 Berita
Kolaborasi Festival Gema Budaya Terong Dan Program Senandung Dewi 2024

Pelaksanaan Festival Gema Budaya Desa Wisata Kreatif Terong tahun 2024 ini akan terasa berbeda dan lebih wow. Karena untuk yang pertama kalinya akan disupport dan berkolaborasi dengan program Senandung Dewi (Semarak Event Unggulan Desa Wisata) Kemenparekraf. Hal ini tentunya makin memotivasi para pelaku desa wisata untuk meningkatkan kualitas event festival menjadi lebih baik.

Akan banyak kegiatan dan perlombaan pada festival Gema Budaya tahun 2024 ini dengan mengusung tema "Dari Desa Untuk Bangsa". Tema yang di usung mencerminkan semangat bahwa dari desa wisatapun punya banyak cara untuk dipersembahkan demi kemajuan bangsa, khususnya bidang pariwisata yang berbasis masyarakat.

Sementara Program Senandung Dewi sendiri merupakan program terbaru dari Direktorat Event Daerah Kemenparekraf RI sebagai bagian dari program dalam mendukung dan mensupport desa wisata yang sudah berprestasi di ADWI dan sudah menjalankan festival desa wisata skala lokal secara mandiri. Sehingga pihak Kemenparekraf lewat Direktorat Event Daerah melakukan beberapa kurasi untuk memilih dan menentukan desa wisata yang akan di ajak berkolaborasi tahun 2024.

Sepanjang penentuan kurasi untuk mensukseskan Program Senandung Dewi ini kemudian ditentukan oleh Direktorat Event Daerah Kemenparekraf ditetapkan sebanyak enam (6) event desa wisata yang akan disupport, yaitu  Penglipuran Village Festival XI (Desa Wisata Penglipuran Bali, Butuh Sidowarna Shadow Puppet Festival (Desa Wisata Wayang Sidowarna, Klaten Jawa Tengah), Hyang Argopura Festival Jember (Kolaborasi 5 Desa Wisata), Ngopi Padang Mbulan Rame-Rame (Desa Wisata Ketapanrame, Mojokerta Jawa Timur), Festival Gema Budaya VI (Desa Wisata Kreatif Terong Belitung) dan Event Pariwisata (Desa Wisata Golo Bilas, Manggarai Barat).

Khusus untuk Festival Gema Budaya VI Desa Wisata Kreatif Terong merupakan suatu kehormatan ketika pada tahun ini diberikan kepercayaan penuh untuk berkolaborasi dengan Kemenparekraf. Akan banyak pihak yang dilibatkan nanti demi suksesnya program Senandung Dewi. Dukungan penuh dari Pemerintah Desa Terong selama enam (6) kali pelaksanaan event desa wisata menjadi modal dasar yang kuat. Sinergi yang konsisten menunjukkan keseriusan Pemerintah Desa Terong untuk memberikan nilai tambah bidang pariwisata demi kemajuan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa.

Dan yang paling penting moment yang dapat dilakukan pada Festival Gema Budaya VI ini panitia pelaksana akan mengundang banyak desa wisata baik ditingkat lokal Pulau Belitung maupun desa wisata yang ada di Pulau Bangka untuk saling berbagai pengalaman. Termasuk mengadakan kegiatan bazar UMKM, kontes pemandu wisata, kegiatan lintas wisata tracking desa wisata, lomba mancing tradisional bejaoran, workshop homestay, lomba membuat kue tradisional, parade tarian nusantara, parade 100 pemain gambus, workshop kuliner, lomba permainan tradisional enggrang dan lain sebagainya.

So, untuk mensukseskan Festival Gema Budaya VI kolaborasi dengan program Senandung Dewi Kemenparekraf RI mari satukan visi dan semangat demi kemajuan desa wisata Belitung khusunya dan kemajuan desa wisata Indonesia pada umumnya.

Pelaksanaan festival yang mulai hitung mundur dari sekarang menuju bulan Nopember 2024 adalah moment-moment penting untuk mematangkan pelaksanaan yang semakin "sempurna", aamiin !!!

Penulis : Iswandi (Perintis dan Pengelola Desa Wisata Kreatif Terong Belitung)

Posting Terkait